Our amazing new site will launch in

Tuesday, February 5, 2013

Peranan Lembaga Berbasis IT Dalam Meningkatkan Kualitas & Kuantitas Peluang Kerja


Pradaban ilmu serta teknologi pada zaman sekarang sudah menghasilkan perubahan besar di hampir semua peranan kehidupan manusia. Dengan adanya perkembangan yang signifikan pada teknologi komunikasi serta persaingan manusia yang semakin kompleks. sehingga untuk mencetak sumber daya manusia yang berkualitas dan mampu berperan di era globalisasi ini, harus mampu mengimbangi perkembangan teknologi serta tuntutan zaman. Oleh karena itu diperlukan peningkatan kualitas sumber daya manusia.
Dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia, pendidikan memegang peran yang sangat penting dalam proses peningkatan kualitas sumber daya manusia. Dalam kebijakan nasional TIK menjadi kunci dalam dua hal yaitu pertama efesiensi proses, dan kedua memenangkan kompetisi. Demikian juga dengan lembaga pendidikan. Tanggung jawab sekolah dalam memasuki era globalisasi yaitu harus menyiapkan siswa untuk menghadapi semua tantangan yang berubah sangat cepat dalam masyarakat kita. Hal ini menyebabkan sekolah dituntut untuk mampu menghasilkan sumber daya manusia yang unggul dan mampu bersaing dalam kompetisi global ini.
Peningkatan kualitas dan kemampuan siswa dapat dilakukan dengan mudah, yakni dengan memanfaatkan internet sebagai lahan untuk mengakses ilmu pengetahuan seluas-luasnya. Upaya ini dilakukan dengan mamasukan TIK sebagai pendekatan dalam proses pembelajaran pada lembaga pendidikan salah satunya dengan menggunakan e-learning. Hal ini didasarkan bahwa e-learning kelangsungan proses pembelajaran secara efektif yang dihasilkan dengan cara menggabungkan penyampaian materi secara digital yang terdiri dari dukungan dan layanan dalam belajar (Mayub, 2004:11).
Dipilihnya e-learning dalam pemecahan masalah yang berhubungan dengan peningkatan kualitas pembelajaran pada mata pelajaran TIK karena e-learning mempermudah interaksi antara peserta didik dengan bahan materi pelajaran. Demikian juga interkasi antara peserta didik dengan guru maupun antara sesama peserta didik.
Rosenberg (2001) menekankan bahwa e-learning merujuk pada penggunaan teknologi internet untuk mengirimkan serangkaian solusi yang dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan.
Seiring dengan perkembangan teknologi dan banyak sekolah atau lembaga pendidikan yang mulai mengembangkan proses pembelajaran menggunakan E-learning, maka banyak pula guru yang terdorong untuk mulai merancang dan mengembangkan proses pembelajaran dengan memanfaatkan sistem pembelajaran online di sekolahnya.  Hal ini didorong juga dengan banyaknya aplikasi atau platform yang menawarkan berbagai fasilitas yang menunjang untuk proses pembelajaran, salah satunya adalah Edmodo.
Edmodo menyediakan cara yang aman dan mudah bagi kelas untuk terhubung dan berkolaborasi, berbagi konten dan akses pekerjaan. Dalam mendukung proses pembelajaran, Edmodo dilengkapi dengan beberapa aktivitas pembelajaran, sepertiQuiz, Assignment dan Poll. Sedangkan untuk Resources (bahan ajar), Edmodo mendukung bahan ajar berupa File dan Link (URL/Embed media).
Edmodo dirancang dengan sistem yang aman, dan pada dasarnya platform ini dikhususkan untuk pembelajaran,  sebagai wadah bagi guru, siswa, dan orangtua dalam berkomunikasi secara aman dan terkontrol. Sehingga guru tidak perlu cemas terhadap  aktivitas  yang  biasa  siswa  lakukan  dengan  internet  khususnya facebook.
Kelebihan dari edmodo ini adalah,  dengan adanya akun parent dalam edmodo, ini memberi ruang bagi para orangtua untuk dapat mengontrol hasil pekerjaan anaknya. Disini seorang guru juga bisa mengontrol atau memonitor aktivitas siswanya dengan baik, karena jika ada penyusup atau orang asing yang terdaftar dalam grup atau kelas, maka dapat terdeteksi oleh gurunya dengan mudah. Edmodo menggunakan sistem kelas atau grup, sehingga jika ada orang luar yang ingin bergabung ke dalam kelas atau grup tertentu, maka dia harus mempunyai kode grup tersebut, jika tidak maka dia tidak akan bisa masuk dan bergabung dengan grup atau kelas tersebut.
Edmodo bukanlah jawaban untuk setiap kelas tetapi yang terpenting adalah platform ini memberikan aspek penting dari sebuah lingkungan belajar  yang  positif.  Platform  ini  memberikan  siswa  jalur  untuk  berinteraksi dengan rekan-rekan mereka  dan guru mereka dalam suasana  akademis. Lebih jauh  lagi   penggunaan  platform  ini  dapat mengajarkan siswa  untuk bagaimana berperilaku  secara  online  dan  bertanggung  jawab  dalam  mengatur  kegiatan belajar  mereka  dengan  sistem  yang  keamanannya  terjamin.

No comments:

Post a Comment

Blog Archive

Powered by Blogger.

about me

TIME

Pages

Blogger templates

STMPL
Energy Saving Mode using CSS3

Move your mouse to go back to the page!
Gerakkan mouse anda dan silahkan baca kembali posting kami!

Support design by: STMPL

Kalender

Followers